Breaking News

Video Of Day

Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester, Kamu yang Mana?


Saat menjadi mahasiswa  tentu berbeda dibandingkan saat menjadi seorang siswa. Tanggung jawab yang dimiliki dan kesibukkan yang dirasakan tentulah  jauh berbeda. Walaupun jadwal kuliah tidak sepadat jadwal sekolah, namun terdapat kegiatan-kegiatan yang diikuti yang dapat menyita waktu. Tentunya, kesibukkan mahasiswa biasanya berbeda-beda setiap semesternya. Lantas apa saja ya, kesibukkan mahasiswa berdasarkan semesternya? Simak artikel berikut.

Semester 1-2: kuliah - main - penampilan

Oleh karena masih semester awal, biasanya mahasiswa disibukkan dengan kuliah, main,dan penampilan. Mahasiswa tentu masih fokus untuk mendapatkan IPK yang tinggi. Pada semester awal biasanya masih relatif mudah untuk mendapatkan IPK tinggi, karena mata kuliah masih mudah dipahami dan jadwal kuliah tidak terlalu padat.

Oleh karena jadwal kuliah yang tidak padat, mahasiswa biasanya memanfaatkan waktu luangnya untuk main ke suatu tempat. Hal ini dalam rangka untuk menghilangkan rasa suntuk akibat tugas kuliah. Tak hanya sibuk kuliah dan main, mahasiswa terutama mahasiswi biasanya juga disibukkan dalam hal penampilan. Hal ini dikarenakan, karena masih merupakan mahasiswa baru, sehingga ingin memiliki 'image' yang baik bagi sekitarnya, terutama dosen.

Semester 3 : seminar - organisasi

Semester 3 mahasiswa mulai memikirkan untuk mengikuti organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampusnya. Hal ini dikarenakan untuk menambah teman, pengalaman dan koneksi. Tak hanya itu, mahasiswa mulai giat untuk mengikuti seminar-seminar yang diadakan di kampus ataupun di luar kampus. Tentu mengikuti seminar bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan sertifikat untuk memenuhi syarat kelulusan.

Semester 4 : cari pasangan

Pada semester 4,mahasiswa mulai sibuk untuk mencari pasangan. Hal ini dikarenakan waktunya 'pas' untuk mencari pasangan, sebelum disibukkan dengan kegiatan seperti PPL,PKL dan KKN, dan skripsi.Rata-rata mahasiswa mencari pasangan untuk menemaninya ketika wisuda. Sehingga ketika wisuda, mahasiswa tidak merasa 'sendiri'. Lain halnya dengan mahasiswa yang sudah memiliki pasangan jauh-jauh hari, rata-rata pada semester ini banyak mahasiswa yang melangsungkan pertunangan, bahkan pernikahan. Oleh karena adanya tren menikah muda dan dinilai bahwa nikah muda itu dapat membuat masa depan lebih baik.

Semester 5-6: PPL & PKL

Pada semester ini mahasiswa akan disibukkan dengan PPL dan PKLsesuai dengan kompetensi kampus masing-masing.  PPL singkatan dari  program pengalaman lapangan merupakan  program yang wajib diikuti oleh mahasiswa pendidikan dengan tujuan untuk mempraktikkan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam kegiatan mengajar di suatu sekolah. PKL singkatan dari   praktek kerja lapangan atau magang, merupakan program yang wajib diikutii oleh mahasiswa nonpendidikan dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.PPL dan PKL sendiri biasanya dilaksanakan selama satu bulan.

Semester 7: KKN & Skripsi

Mahasiswa semester 7  biasanya sibuk dengan  KKN dan membuat tugas akhir. KKN  singkatan dari kuliah kerja nyata merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat pada waktu dan daerah tertentu.Rata-rata KKN dilaksanakan selama dua bulan.Dalam KKN tentu mahasiswa disibukkan dalam mendaftar, mencari tempat untuk KKN hingga membuat laporan.Selanjutnya, mahasiswa juga mulai sibuk untuk menyusun skripsi yang merupakan  syarat kelulusan kuliah. Iyaps, tugas akhir yang biasa dinamakan "SKRIPSI" ini membuat mahasiswa menjadi sangat sibuk. Hal ini dikarenakan membuat skripsi itu 'rumit'. Mulai dari menentukan topik, judul,melakukan penelitian, dan masih banyak lagi. Hal itu belum lagi jika skripsi tersebut di revisi oleh dosen pembimbing. Tentu akan membuat mahasiswa mau tidak mau mengerjakan ulang sesuai yang diarahkan dosen pembimbing. Tak hanya itu, waktu untuk bertemu dosen pembimbing tidaklah mudah. Terutama jika dosen merupakan dosen yang sangat 'aktif' dalam kegiatan-kegiatan.

Semester 8: WISUDA

Semester 8 mahasiswa mulai disibukkan dengan wisuda. Mulai dengan mencari tahu syarat-syarat agar bisa wisuda,menyiapkan biaya untuk wisuda,mencari perlengkapan untuk wisuda, mengikuti acara syukuran untuk wisuda, dan masih banyak hal yang membuat mahasiswa sangat sibuk. Setelah wisuda pun biasanya mahasiswa masih disibukkan dengan mengurus dokumen kelulusan dan mencari pekerjaan.

Itulah ulasan mengenai kesibukkan mahasiswa berdasarkan semester.

Semoga bermanfaat :)

sumber : idntimes[dot]com
Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester, Kamu yang Mana? Kesibukan Mahasiswa Berdasarkan Semester, Kamu yang Mana? Reviewed by bigbungs on 01.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

recent posts

Diberdayakan oleh Blogger.